Monday, September 26, 2016

Pernah Mengalami Ini di Mata Kaki? Berikut Penyebabnya dan Cara Mencegah Clavus (Mata Ikan)

.



.
Handphone Diskon - Kejutan Tiap Senin Rabu Daily Dealselevenia TangkapRecommendedShocking Deals Toko Handphone Online - Beli Gadget Terbaru Pre Order Galaxy Note 5CIMB Niaga Great OffersPolytron Zap 5 Smartphone Sale 50 Promo Smartphone Menarik Bukalapak. Ayo cari dan beli sekarang HandPhone | Daftar Harga Promo, Diskon, Event dan ... ERAFONE Clearance Sale Cuci Gudang Ponsel Diskon hingga 80% di Mega Hypermall ... Katalog Farmers Market Terbaru diskon hp asus diskon hp samsung diskon hp samsung 2015 diskon hp di lazada diskon hp prj promo diskon hp diskon hp sony Daftar Harga Diskon, Promo, Promosi ... HandPhone ..... New : Katalog Lotte Mart Wholesale Terbaru . Katalog Transmart Carrefour Terbaru Katalog Carrefour Terbaru 19 ... - Katalog Hypermart Terbaru - Katalog Lotte Mart ... Samsung | Daftar Harga Promo, Diskon, Event dan Katalog ... HandPhone, Samsung ... Katalog Lotte Mart Wholesale Terbaru ... Katalog IKEA Indonesia terbaru edisi September - Juni 2016. Website Berita Diskon, Promo, Bazaar, Sale, Promosi, dan Ini, Smartphone Canggih nan Elegan Terbaru Samsung yang Harus Dimiliki. ... LG, Sony, Apple, Hp dan Lainnya Sale di Comtechfest. Ini Listnya! Promo Gadget Samsung Di Bulan Ramadhan 2016 ...

Mata ikan atau dalam istilah medis disebut dengan clavus disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Penyakit mata ikan ini pada umumnya tumbuh pada kulit permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak dan jari-jari tangan.

Gejala-gejala yang ditimbulkan yaitu ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit. Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya cuma akan merusak penampilan seseorang dan terkadang menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu.

Penyebab penyakit mata ikan

dilansir doktersehat.com Penyakit mata ikan disebabkan oleh virus human papilomavirus (HPV). Virus HPV ada dua jenis yakni HPV-1 dan HPV-2. HPV-1 menyerang pada kaki, HPV-2 menyerang pada tangan.


Penyebab lain daripada mata ikan adalah adanya tekanan atau gesekan yang terus menerus pada daerah tertentu pada kulit. Penyakit ini harus cepat diobati karena jika mengalami borok akan terjadi infeksi.

Keadaan yang ada yang bisa memburuk jika penderita adalah orang yang gemuk dan menggunakan alas kaki yang sempit sehingga tekanan berlipat ganda pada telapak kaki.


Tekanan dan gesekan yang terus menerus pada satu anggota tubuh dapat menyebabkan mata ikan. Seperti misalnya penggunaan palu yang konstan pada tukang kayu dapat menebalkan kulit telapak tangan dan beresiko mata ikan tumbuh disana.

Penyakit mata ikan bisa juga timbul pada penderita diabetes yang disebabkan kelainan saraf pembuluh darah. Pada penderita diabetes, resiko terkena komplikasi akibat penyakit mata ikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengidap diabetes.

Jika Anda ingin menghilangkan mata ikan, dan Anda merupakan penderita diabetes, maka dianjurkan untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda melakukan tindakan terhadapmata ikan tersebut.

Karena sekalipun mata ikan itu hanya luka kecil, namun bisa berubah menjadi borok yang sangat sulit untuk disembuhkan.

Untuk mencegah mata ikan timbul, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah memakai alas kaki dengan bantalan telapak kaki yang baik dan yang sesuai dengan ukuran kaki Anda.

Disarankan pada saat Anda memilih alas kaki sebaiknya dilakukan pada siang hari. Mengapa demikian? Karena disaat waktu itulah kaki berada pada ukuran yang sebenarnya.

Cara mengatasi mata ikan

Sebelum pergi ke dokter, cara mengatasi penyakit mata ikanadalah dengan mengurangi penyebabnya. Misal jika anda sering menggunakan sepatu yang sempit, maka tinggalkan sementara waktu.

Mata ikan merupakan penebalan kulit, maka acara menanganinya pertama kali tentu saja dengan mengurangi penebalan kulit. Kemudian,c ara pengobatan yang bisa dilakukan adalah:

Rendam kaki dengan air hangat yang dicampur sabun mandi yang lembut selama sekitar 15 menit.
Setelah itu gosok kulit yang menebal dengan batu apung atau menggunakan sabun khusus untuk kulit. Jangan mengikis kulit yang menebal secara langsung, namun bertahap sedikit demi sedikit.

Setelah beberapa saat angkat kaki dari rendaman dan cuci dengan air bersih kemudian keringkan kaki dengan handuk kering.

Sebelum kaki benar-benar kering, oleskan salep yang mengandung salisilat 40% yang befungsi untuk mengangkat kulit mati.

Cara lain untuk menghilangkan mata ikan adalah dengan injeksi steroid.

Jika mata ikan sudah lama berada di kulit, maka operasi kecil (miror surgery) yang menggunakan bius lokal biasa harus dilakukan.

Lapisan kulit yang menebal beserta “mata” akan diangkat. jika operasi kecil sudah selesai, maka bekas luka akan diberi obat dan diperban. Biasanya tak lama, luka akan kering dan sembuh.

Pernah Mengalami Ini di Mata Kaki? Berikut Penyebabnya dan Cara Mencegah Clavus (Mata Ikan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown